KESUKUBANGSAAN
DAN INTEGRASI NASIONAL
Koentjaraningrat
(1982: 345) mengemukakan usaha untuk mempersatukan penduduk Indonesia yang
majemuk paling sedikit menyangkut empat masalah yang masing-masing mempunyai
dasar serta lokasi berbeda dan karena itu memerlukan kebijaksanaan yang berbeda
pula. Keempat masalah tersebut adalah: 1) masalah mempersatukan aneka warna
suku bangsa, 2) masalah hubungan antar umat beragama, 3) masalah hubungan
mayoritas-minoritas, 4) masalah integrasi kebudayaan Papua dengan kebudayaan
Indonesia lainnya.
Lebih jauh Koentjaraningrat
(1995: 384) menegaskan adanya lima masalah sumber konflik antar suku bangsa
atau golongan-golongan yang pada umumnya dapat dijumpai di negara-negar sedang
berkembang, termasuk Indonesia. Kelima macam sumber konflik tersebut adalah:
1.)
Konflik
bisa terjadi apabila dari dua suku bangsa masing-masing bersaing dalam hal
mendapatkan lapangan mata pencaharian hidup yang sama.
2.)
Konflik
juga bisa terjadi apabila dari satu suku bangsa mencoba memaksakan unsur-unsur
dari kebudayaannya kepada warga dari suatu suku bangsa lain.
3.)
Konflik
yang sama pada dasarnya, tetapi lebih fanatik dalam wujudnya, biasanya terjadi
apabila warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan konsep-konsep agamanya
terhadap warga dari suku bangsa lain yang berbeda agama.
4.)
Konflik
akan terjadi kalau satu suku bangsa berusaha mendominasi suatu suku bangsa lain
secara politis.
5.)
Potensi
konflik terpendam dalam hubungan antara suku-suku bangsa yang telah bermusuhan
secara adat.
Sebaliknya potensi
bersatu paling sedikit untuk bekerja sama juga ada dalam setiap hubungan antara
suku bangsa dan golongan. Kontjaraningrat (1995: 385) menyebut adanya dua
potensi penting, yaitu:
1.)
Warga
dua suku bangsa yang berbeda dapat saling bekerjasama secara sosial ekonomi,
apabila mereka bisa mendapatkan lapangan mata pencaharian hidupnya yang
berbeda-beda dan saling melengkapi. Dalam keadaan saling membutuhkan itu akan
berkembang suatu hubungan simbiotik. Sikap para warga dari suatu suku bangsa
terhadap yang lain dijiwai oleh suasana toleransi.
2.)
Warga
dari dua suku bangsa yang berbeda juga dapat hidup berdampingan tanpa konflik,
apabila ada orientasi ke arah satu golongan ketiga yang dapat menetralisasi
hubungan antara kedua suku bnagsa tadi.
Untuk menciptakan
tatanan masyarakat Indonesia yang multikultur tentu tidak mudah. Paling tidak,
dibutuhkan beberapa konsep yang mendukung demi terwujudnya tantangan
multikultur yang berpihak pada konsep yang kuat dan tidak mudah
terombang-ambing oleh kondisi lingkungan.
Bagi masyarakat
Indonesia yang telah melewati reformasi, konsep masyarakat multikultural bukan
hanya sebuah wacana atau sesuatu yang dibayangkan. Tetapi, konsep ini adalah
sebuah ideologi yang harus diperjuangkan, karena dibutuhkan sebagai landasan
bagi tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, konsep
multikultural ini tidak henti-hentinya selalu dikomunikasikan di antara ahli
sehingga ditemukan kesamaan, pemahaman, dan saling mendukung dalam
memperjuangkan ideologi ini.
Dalam konteks ini,
kita harus bersedia menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa
memperdulikan perbedaan suku bangsa, agama, budaya, gender, bahasa, kebiasaan,
ataupun kedaerahan. Multikultural memberi penegasan, bahwa segala perbedaan itu
sama di dalam ruang publik. Dalam ruang publik, siapapun boleh dan bebas
mengambil peran, di sini tidak ada perbedaan gender dan kelas, yang ada adalah
profesionalitas. Maka, siapa yang profesional, dialah yang akan mendapatkan
tempat terbaik. Dengan kata lain, adanya komunitas yang berbeda saja tidak
cukup, sebab yang terpenting adalah bahwa komunitas itu diperlakukan sama oleh
negara. Adanya kesetaraan dalam derajat kemanusiaan yang saling menghormati,
itu diatur oleh hukum yang adil dan beradab yang mendorong kemajuan dan
menjamin kesejahteraan hidup warganya.
Kesetaraan dalam
derajat kemanusiaan hanya mungki
terwujud dalam praktek nyata apabila ada pranata sosial terutama pranata hukum,
yang merupakan mekanisme kontrol secara ketat dan adil yang mendukung dan
mendorong terwujudnya prinsip demokrasi dalam kehidupan nyata.
Demikian pula,
prinsip masyarakat sipil demokrtis yang dicita-citakan reformasi hanya dapat
berkembang dan hidup secara mantap dalam masyarakat Indonesia apabila warganya
mempunyai toleransi terhadap perbedaan dalam bentuk apapun. Karena itulah,
diskriminasi sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi yang berlaku di masa
pemerintahan orba secara bertahap maupun radikal harus dikikis oleh kemauan
untuk menegaakan demokrasi demi kesejajaran dalam kesederajatan kemanusiaan
sebagai bangsa Indonesia.
Di Indonesia terdapat
berbagai macam kebudayaan yang berasal dari hampir seluruh suku bangsa. Dengan keanekaragaman ini kita
dapat mewujudkan masyarakat
multikultural, apabila warganya dapat hidup berdampingan, toleran dan saling
menghargai. Nilai budaya tersebut bukan hanya sebuah wacana, tetapi harus
menjadi patokan penilaian atau pedoman etika dan moral dalam bertindak yang
benar dan pantas bagi orang Indonesia. Nilai tersebut harus dijadikan acuan
bertindak, baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik maupun dalam tindakan
individual
Kemajemukan masyarakat Indonesia adalah sebuah
realitas sosial, dan integrasi nasional adalah substansi utamanya. Dalam konteks pluralitas masyarakat
Indonesia, konsep integrasi nasional Indonesia, hendaknya diartikan bukan
sebagai benda akan tetapi harus diartikan sebagai semangat untuk melakukan
penyatuan terhadap unsur-unsur dan potensi masyarakat Indonesia yang
beraneka-ragam. Integrasi
nasional harus dimaknai sebagai sebuah spirit bangsa untuk memandang kehidupan
yang serba majemuk itu sebagai semangat untuk bersatu. Integrasi nasional adalah kata kunci
untuk membangun dan membina serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia yang hidup dalam alam kemajemukan masyarakat dan budayanya. Jadi tidak akan ada lagi menonjolkan salah satu suku dan
melemahkan yang lain. Kini adalah saatnya untuk mempersatukan suku-suku bangsa
di Indonesia untuk mewujudkan integrasi nasional yang kokoh.
Bonus & Slots | Casino Roll
BalasHapusNo 22 bet Deposit Bonus. When 벳무브 you deposit at a Casino Roll Casino you will receive a no deposit 실시간 바카라 bonus of 태평양 먹튀 up to $20 on 재제 your first deposit.